Thursday, April 2, 2009

Sepeda Onthel : Barang Antik Harganya Selangit

Onthel Bicycle : Expensive Antique Bicycle at IndonesiaPernah dengar sepeda onthel?? Atau sepeda unta?? Memori kita akan langsung terbayang dengan jenis sepeda “jadul” dengan ukuran ban yang gede (28 inchi), tinggi, terlihat ringan, kokoh n kuat (tahan banting).. Biasanya digunakan sebagai alat angkut hasil2 pertanian di pedesaan...

Saat ini, identitas Onthel mulai bergeser..,dari pedesaan ke perkotaan,.. hal ini ditandai dengan semakin banyaknya komunitas2 penggemar sepeda onthel seperti Komunitas Ontel Batavia (KOBA) - Jakarta, Komunitas Onthel Tjimahi – Bandung, SAMAR (Sepeda Antik Margaya) – Bali, dan yang lainnya, tersebar di seluruh Indonesia....akibatnya harga sepeda onthel menjadi mahal.. mulai 500.000 sampai jutaan rupiah.. Merk “Gazelle” adalah yang paling mahal, dengan spesifikasi tertentu, harganya bisa mencapai lebih dari 20 jt rupiah… seperti sepeda onthel yang ditawarkan oleh Mr Siagian seharga 21 juta rupiah.. angka yang sangat fantastis…

Harga jual yang tinggi tersebut dikarenakan sepeda tua ini sudah tidak diproduksi lagi di Pabrik pusat di Eropa dan termasuk dalam kategori barang antik…

Source :
http://www.onthel.wordpress.com
http://sepedaonthel.com/
http://irasaimase.multiply.com/journal/item/25
http://sepeda.wordpress.com

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Related Post



43 comments: on "Sepeda Onthel : Barang Antik Harganya Selangit"

sungaikuantan.com said...

pertamaXXXXxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
wuis,,,,, yang namanta barang antik jelas maha bro....
tul ga???

Komunitas Sepeda Ontel pekanbaru said...

wuis,,,,, ga juga bro.... tergantung ma gantungannya.. klu pengen sharing.. dan dapatin yg murah .. yuk gabung komunitas sepeda ontel, di jamin murah.... ga bayar... "maksudnya, gabung komunitasnya yg ga bayar, hihihi..."
ntar kita bisa berbagi produk yg lngka nih.
salam to ALL...

nietha said...

Waww.. untuk sepeda ontel harganya same segitu?kayaknya harus ngerayu kakek nih buat jual sepeda ontelnya.hehe

Lyla said...

wah... jadi inget jaman saya kecil, suka main sepede onthel gini kepunyaan kakekku. Kalo skrg harganya pasti udah selangit

Diary Pink said...

udah pastinya mahal harga sepeda seperti itu di jaman sekarang. apalagi sepeda jengki merk phoenix kalo gak salah, mahal juga tuh

cheuw said...

beuuuhh
kerenn..pengenn..walopun jadul tapii ajiibb
tapi klo skrg harganya gila-gilaan
pdhl dulu minta aja ya sama kakek kita..heuu

Valter said...

Good morning, thank you for the visit, day of happiness and smiles. Hug for the friend.

i dit it my way said...

BARANG ANTIQ TUH NILAI SEJARAHNA YG MAHAL BRO

ghielz said...

oke broo sepedanya....kayak di tempat gw jg ada komunitas sepeda onthel....

zener_lie said...

alamakkkk aku pikir sepeda ontel semahal2xnya 2 juta... dan masih lebh mahal sepeda sport ternyata.......

penegn beli sepeda semakin tak kesampaian :((

Sastrocaster said...

hebat sobat...sepeda antiknya bisa semahal itu. maksih banyak sudah berkunjung

oyat said...

wah....almarhum kakek oyat punya tu peninggalan sejak jaman belanda lagi. simpan ah

Sandiwara Kita said...

Tentu saja...
Harga historisnya jauh lebih dari itu...
Sepeda ontel, adalah 'ikon' dari sebuah perpindahan dari peradaban manual, menuju kendaraan sederhana..., yang efektif dan efisien.
Bukan tidak mungkin, percepatan kegiatan manusia saat ini, turut ditentukan oleh kelahiran 'kendaraan' yang satu ini...

lagian emang sehat, sih...Terutama buat para blogger yang kebanyakan duduk di dpn kompi...

NIce, post. Aku cari dulu ya, apa punya kakekku di kampung masih ada di gudang...

Kalau gak salah merknya Gazelle dech...hehehehe

Wafi said...

okeeee tuhhh...

investasi-8000 said...

ha..ha...yang ini saya pernah punya...

@ Coy said...

udah sering lihat bro....
sampi ada yang jual mobil buat beli sepeda ontel gini....
hehhe....

Tedy said...

perbedaan masyarakat jelas terlihat . . .
di pedesaan sebagai alat bantu untuk pekerjaan . . .
kalo di perkotaan sebagai sebuah barang antik . . .

bejo said...

antik memang unik dan langka
kalau berniat menyimpan barang antik bisa kok.
sekarang beli sepeda motor matic, trus di simpan dan baru di buka nanti 25 tahun ke depan....
Pasti jadi barang antik.

budiawanhutasoit said...

saya suka tuh sama sepeda onthel.
tapi kalo harganya sampe jutaan gitu..mikir juga deh utk belinya..hehe

Harnis said...

sepeda ontel ini mengikatkan mendiang kakek saya,dulu sewaktu masih kecil sering diajak jalan-jalan naik sepeda,ke menteng,nonton bola,sekarang stadion menteng sdh jadi taman.
Berapa ya harganya sepeda ontel sekarang.

Li said...

hua sepoked kakek gw niy xoxoxoxo...

cing_oleh said...

semakin langka semakin mahal bro....

raka said...

di desa alat ekonomi, di kota buat gengsi hehehe ga nyangka bakal jadi semahal itu, tau gitu aku bagusin tuh si onthel halahhhh
di bandung ada ga ya komunitas onthel, asik juga kayaknya ya :D

sawda@jb said...

di kampung aku dulu di panggil basikal kargo...dibelakang tempat duduk dipasang bakul besi & dibuat isi nanas...

marcellino agatha said...

sob..kamu dapet award klik disini buat ambil award

Laisya said...

pdhl jaman dulu sepede gitu biasa aja ya ... eh sekarang dicari-cari dan mahal pula.

rusakparah said...

Wah.. di Bali juga lagi ngetrend nih sepeda ontel... emang keren sih.. lagian kan menyehatkan.. asal.... ga kejauhan aja genjotnya... hehehe

anime7graphic said...

Wah aku dah jarang lihat tuh sepeda Onthel kayak gini...

Dulu terakhir waktu SMP liat di Pawainya 17 Agustusan...

reza said...

maaf numpang lewat....

dijual raleigh record sprint, guarenteed built with REYNOLDS 50
chromalloy-M butted frame tubes,manufactured by tireynolds limited england.
spec cuctom original stang road champion sakae custom,brake weinmann,gear shimano sugino gt,velg helico matic par maillrd made in france.

pict : http://rezappreza.fotopages.com/?entry=1547656

contact : rezappreza@gmail.com

Gudang Hikmah said...

bener ni harganya segitu ? sepeda ontaku mau dijual juga ni

rusakparah said...

Mungkin yang mahal itu nilai sejarah nya...

Gudang Hikmah said...

wah saya punya ni sepeda ontel,ada yg mo beli ndak ya ?

jual sepeda said...

saya punya sepeda onthel mereknya HERO.Kata kata orang tua sepeda itu buatan india.Dengan ciri ciri memiliki standard KOBA,ban putih,loncong yang bunyinyaseperti lonceng kuda,torpedolampu muulard,dan masih original.barangya bagus dan sepeda itu ada di Pariaman(Sumatra Barat).bagi yang berminat hubungi 0852636161283.harga dibuka mulai Rp 1.600.000,oo(bisa ditawar).

jual sepeda said...

saya punya sepeda onthel merknya hero.kata orang tua tua sepeda itu buatan india,dengan ciri ciri:memiiki standard koba,ban putih,lonceng yang bunyinya seperti lonceng delman,torpedo,dan masih original.harga dibuka mulai Rp 1.600.000,00(bisa di tawar).hub:085263616283.beralamat di pariaman,sumatra barat

jual speda onthel said...

asalamualakum onthelis indonesia saya punya speda raleigjh tinggi 24 cat tidak original lampu molard standar koba tempat duduk gazele stang ramola kopeng tidak ori . hgarga di buka 500.000 contak person:085274725252.

Sugenk said...

Dijual Sepeda Ontel Merk Hartog - Holland
Rp. 1.100.000,- Lampu Bosh Asli, Rem Torpedo, Tromol Sturmey-Archer Made in England, Type 24

Ada juga Bigres - Pit Jengki Rp.1.000.000,-

Kunjungi http://sepedaonthels.blogspot.com

Anonymous said...

ass... kok d djogdja onthel langka2 ya?? kmn larinya?? ap hilang krna gempa??

lizponk said...

wah...mahal amat bung.. tp pntas dengan harga segitu.. btul-btull, harus pandai pandai ngerayu simbah nie.. ha..ha..ha..

dani said...

saya punya sepeda merk hamber klo djual kr2 harganya berapa ya? sama merknya magnet jg... thx bagi yang mo jawab...

Anonymous said...

Mantrapppp.... Broe nilai sejarahnya tinggi banget!!!!!

My Artikel said...

Yoi mann, barang antik harga selangittttt... Wuihhh, jadi nyesel kenapa dulu sepeda seperti itu diterlantarkan yah??? (Nyesel mode on)

Anonymous said...

Untuk para onthelis se Nusantara, ini sekedar sharing dan berbagi pengalaman dan juga sebagai masukan bagi rekan-rekan yang tergabung dalam onthel club, Sepeda onthel Magnet adalah buatan German sekitar tahun 1947an, populasinya di negeri ini tidak banyak, hanya kurang lebih antara 80an unit, sengaja didatangkan ke negeri ini seiring dengan datangnya tengkulak rempah-rempah dari eropa dan kenapa bisa dimiliki oleh bangsa pribumi adalah karena melaui barter, ciri-ciri yang membedakan onthel Magneet dengan onthel-onthel lainnya adalah pada garpu depan tertera logo "M" dan pada tiang sadel tentunya ada nomor serinya, Onthel magnet tidak kalah antiknya dibandingkan dengan onthel2 lainnya seperti onthel Ralleigh, Batavus, Simplek, Pongers, Gazzalle dll, pokoknya onthel Magneet enak dipake dan ringan dikayuh, demikian. salam onthel dan sukses buat KOBA. Minat...? barangnya ada dipinggiran kota Jakarta tepatnya di Jl. Raya Ceger no. 106, Cipayung Jakarta Timur, call aja ke 081382022007.

javart said...

salam Ontel...kring kring..
emang sekarang harga sepeda onthel naik pesat..and gag wajar..
tergantung orang bilang..tapi klo emang sudah suka harga selangit pun dibeli..macam pepatah suka itu mahal harganya...klo aja dulu banyak yang suka elus elus speda ontelnya pasti sekarang dah ngunduh enaknya..
seperti paman ane nih..lg heboh demam ontel..dia dapet simplex langka..bisa diliat di javaontel.blogspot.com
salam ontel ..kring kring..ting klong(bel andong)

Post a Comment